• Jumat, 9 Desember 2022

Koleksi Monumen Jogja Kembali, Berikut Sketsa Didalamnya

- Jumat, 30 September 2022 | 19:45 WIB
Koleksi monumen Jogja Kembali (Ig/@Jogjaviral)
Koleksi monumen Jogja Kembali (Ig/@Jogjaviral)

SINERGI PAPERS -  Salah satu monumen di Yogyakarta yang sangat dikenal pengunjung yakni monumen Jogja Kembali atau sering disebut Monjali.

keberadaan Jogja Kembali di Jogja adalah penting, sebab monumen ini merupakan tetenger atas peristiwa penting sejarah Pemerintah Republik Indonesia.

Atas mundurnya tentara Belanda dari Jogja pada tanggal 29 Juni 1949 dan kembalinya Presiden Soekarno, Wakil Presiden, Pimpinan Negara yang lain pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta.

Dengan demikian Monjali dilihat sebagai titik awal Bangsa Indonesia secara nyata bebas dari cengkeraman penahan khususnya Belanda.

Baca Juga: Heha Sky View Jogja, Dikenal Dengan Sebutan Lantai 2

Monjali di Jogja juga merupakan tonggak sejarah yang menentukan bagi kehidupan Negara Indonesia yang Merdeka dan Berdaulat.

Berikut Koleksi atau seketsa kunjungan untuk menikmati setiap Objek Koleksi monumen Jogja Kembali ;

1. Pertama, pengunjung masuk melalui pintu gerbang barat maupun timur lalu naik tangga menuju plaza. Di sisi tengah bagian utara plaza terdapat rana. Rana depan bagian tengah dipasang logo “Gapura Papat Ambuka Jagad”.

2. Selanjutnya pengunjung menuju pelataran bangunan induk melalui jalan samping rana. Rana bagian dalam dipahatkan daftar nama-nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan tanggal 29 Juni 1949.

Baca Juga: Keindahan Wisata Air Terjun Sri Gethuk, di Gunung Kidul

Halaman:

Editor: M. Nur Rudiyanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Monument Tourism in Jogja Attracts Tourists

Jumat, 7 Oktober 2022 | 18:30 WIB

Rekomendasi Taman Untuk Edukasi Anak di Yogyakarta

Selasa, 4 Oktober 2022 | 20:00 WIB
X