• Jumat, 7 Oktober 2022

Waspada Penyakit Cacar Monyet, Anggota DPR Minta Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Penularan

- Rabu, 27 Juli 2022 | 05:15 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar segera antisipatif mencegah masuknya penyakit Cacar Monyet (dpr.go.id)
Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar segera antisipatif mencegah masuknya penyakit Cacar Monyet (dpr.go.id)

 

SINERGI PAPERS - Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher meminta kepada pemerintah agar segera merumuskan langkah antisipatif mencegah masuknya penyakit Cacar Monyet ke Indonesia.

Menurut Netty Prasetiyani Aher, pemerintah harus segera menyiapkan langkah guna mengantisipasi penularan penyakit Cacar Monyet.

"Berikan edukasi kepada masyarakat tentang medium penularan, cara pencegahan dan faktor yang bisa memicu terjangkitnya penyakit Cacar Monyet. Karena langkah preventif harus lebih diutamakan, mengingat masih minimnya sosialisasi mengenai penyakit Cacar Monyet ini,"teranh Netty Prasetiyani Aher dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Selasa (26/07/2022). 

Baca Juga: Anggota Komisi XI DPR RI Desak Pemerintah Pastikan Masyarakat Memiliki NIK Sebagai Basis Data Kependudukan

Studi yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine, memaparkan jika Cacar Monyet dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi. Indonesia harus belajar untuk tidak bersikap meremehkan diawal pandemi menjangkiti dunia.

"Kita harus belajar dari pandemi Covid-19, dimana Indonesia sebagai negara yang belum terjangkit saat itu dan bersikap seolah meremehkan, sehingga terlambat melakukan antisipasi. Kita panik dan baru bertindak setelah ditemukan satu kasus yang kemudian merebak dengan sangat cepat. Kita lengah dan terlambat lakukan antisipasi,"kata Netty Prasetiyani Aher.

Oleh sebab itu, Netty Prasetiyani Aher berharap jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama.

"Lakukan persiapan pencegahan semaksimal mungkin,"katanya.

Halaman:

Editor: M. Nur Rudiyanto

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Wisata Pantai Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Kamis, 8 September 2022 | 20:15 WIB
X