• Kamis, 8 Desember 2022

Bareskrim Polri Ringkus Pembuat Website Palsu Pembelian Tiket Ajang Formula E

- Rabu, 23 November 2022 | 20:24 WIB
Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan, Bareskrim Polri berhasil meringkus pelaku pembuat website palsu, pembelian tiket ajang Formula E yang digelar di Jakarta (divisihumaspolri)
Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan, Bareskrim Polri berhasil meringkus pelaku pembuat website palsu, pembelian tiket ajang Formula E yang digelar di Jakarta (divisihumaspolri)

 


SINERGI PAPERS - Bareskrim Polri berhasil meringkus pelaku pembuat website palsu, pembelian tiket ajang Formula E yang digelar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pelaku diketahui berinisial FI dan ditangkap Bareskrim Polri di rumah tersangka, Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, Senin (26/09/2022) pagi.

Dirtipidsiber Bareskrim Polri, Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar menjelaskan, pelaku FI tergabung dalam sindikat penipuan dan pencurian data nasabah perbankan bersama tiga orang lainnya. Kemudian 2 (Dua) orang pelaku lain masih dalam pencarian. 

Baca Juga: Bareskrim Polri Tetapkan PT Afi Farma dan CV Samudera Chemical Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut

“Tersangka atas nama FI yang telah diamankan Bareskrim Polri, memiliki peran untuk membuat, mengelola dan menjalankan website. Sedangkan 2 orang lainnya, yaitu H yang berperan membantu melakukan pembuatan website dan N yang berperan melakukan komunikasi dengan para korban,"terang Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, Rabu (23/11/2022).

Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan, pelaku FI membuat ratusan website phising menyerupai laman salah satu bank BUMN yang digunakan untuk melakukan penipuan dan pencurian data nasabah perbankan.

Selanjutnya, para pelaku mengirimkan WhatsApp blast, yang berisi pemberitahuan perubahan tarif transfer dana.

Menurut Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, jika nasabah setuju, maka pelaku berpura-pura sebagai pihak bank dan mengirimkan link yang merupakan website phising. Selanjutnya, pelaku mengarahkan dan meminta pada nasabah untuk mengisi seluruh kolom data yang terdapat dalam website palsu tersebut.

Halaman:

Editor: M. Nur Rudiyanto

Sumber: divisihumaspolri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X