• Jumat, 7 Oktober 2022

Mengenal Gereja Tertua di Jombang

- Rabu, 15 Desember 2021 | 16:40 WIB
gambar gereja tertua GKJW Jombang (@gkjw_mojowarno - Instagram.com)
gambar gereja tertua GKJW Jombang (@gkjw_mojowarno - Instagram.com)

SINERGI PAPERS Gereja merupakan tempat beribadah untuk umat kristiani, namun mayoritas masyarakat Indonesia merupakan agama Islam sehingga minoritas warga agama kristen untuk beribadah.

Dengan seiring perkembangan zaman yang sangat pesat kini, banyak bangunan gereja yang sudah mulai aktif untuk melakukan ibadah disetiap hari minggu.


Seperti salah satu contohnya adalah Gereja jawi wetan yang berada di Mojowarno. Gereja tersebut merupakan gereja tertua yang berada di kota Santri atau Kota Jombang walaupun banyak dihimpit oleh bangunan pondok dan masjid dimana – mana gereja ini juga masih aktif melakukan ibadah di dalamnya dan sekaligus menjadi panutan bagi semua gereja di kota Jombang.

Baca Juga: Mengulas Asal-Usul Nama Desa Candimulyo Jombang

Jangan salah mengira jika kota Jombang merupakan kota Santri, memang tidak ada yang salah dalam hal ini memang mayoritas dikota Jombang merupakan umat beragama muslim, tapi jika anda berkunjung atau sekedar melintas daerah mojowarno anda tidak akan menyangka bahwa di daerah Mojowarno hampir 100% masyarakat yang berpenghuni di desa tersebut adalah beragam kristen.

Jadi tak heran jika anda berkunjung di desa mojowarno pada hari minggu banyak orang – orang pergi ke gereja untuk melakukan ibadah. Pembangunan gereja ini dimulai sejak tanggal 24 Februari 1879.

Bangunan dengan luas 1.537 meter yang terletak di kecamatan Mojowarno ini masih mempertahankan keaslian arsitektur bergaya kolonial, bahkan sampai bangku – bangku yang digunakan untuk ibadah itu terbuat dari kayu jati asli yang di perkirakan kayu jati tersebur memiliki usia sekitar satu abad.

Baca Juga: Mengulas Penyebaran Agama Kristen Katholik


Tak hanya itu tata ibadah pada gereja kuno ini menggunakan tata ibadah kejawen yang artinya masih menggunakan bahasa jawa yang diiringi musik gamelan pada saat ibadah berlangsung.

Halaman:

Editor: Ganes Muthia Dini

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Gereja Tertua di Jombang

Rabu, 15 Desember 2021 | 16:40 WIB

Pesona Candi Rimbi Wonosalam Jombang

Rabu, 15 Desember 2021 | 16:00 WIB

Sejarah Dusun Mojosongo, Balong Besuk, Diwek, Jombang

Rabu, 15 Desember 2021 | 13:35 WIB

Sosok Pahlawan Nasional Raden Dewi Sartika

Senin, 13 Desember 2021 | 15:17 WIB

Masjid Desa Dukuhklopo Jombang Dibangun Tahun 1600an

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:57 WIB
X